Senin, 03 September 2018

Sholat berjamaah berduaan sama pacar HARAMKAH?

Mungkin sholat jamaah ini dilakukan agar romantisme pacaran lebih berkesan islami. Lalu bagaimana islam memandang hal ini? Sholat tentulah sebuah kewajiban, dan dilaksanakan secara berjamaah akan memberikan nilai tambahan baginya. Namun bagaimana jika berjamaah berdua saja dengan pacar ?


Dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda; "Jangan sampai seorang lelaki berdua-duaan dengan seorang perempuan, kecuali dia ditemani mahramnya." (HR. Al-Bukhari 5233 dan Muslim 1341)


Kemudian dari Umar radhiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda; "Jangan sampai seorang lelaki berdua-duaan dengan seorang perempuan. Jika terjadi makhluk ketiganya adalah setan." (HR. Ahmad 177, At-Tirmidzi 2165, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)


Abu Ishaq as-Syaerozi mengatakan; "Makruh (tahrim) seorang laki-laki sholat mengimami seorang wanita yang bukan mahram."


Berdasarkan hadis yang diriwayatkan dari Nabi shalallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda; "Jangan sampai seorang lelaki berdua-duaan dengan seorang perempuan. Jika terjadi makhluk ketiganya adalah setan." (al-Muhadzab, 1/183)


Penjelasan an-Nawawi dalam al-Majmu' Syarh al-Muhadzab;


Yang dimaksud makruh dari keterangan beliau adalah makruh tahrim (artinya:haram). Ini jika lelaki itu berduaan dengan seorang perempuan.


Para ulama madzhab Syafii berkata, apabila seorang lelaki mengimami istrinya, alias mahramnya, serta berduaan dengannya, hukumnya boleh serta tak makruh. Sebab boleh berduaan dengan istri alias mahram diluar sholat. Tetapi apabila dirinya mengimami wanita yang bukan mahram serta berduaan dengannya, hukumnya haram bagi lelaki itu serta haram pula bagi si wanita. (al-Majmu' Syarh al-Muhadzab, 4/277)


MENGAPA DIHARAMKAN?


Sekalipun dalam kondisi ibadah, kita diperintahkan untuk menghindari segala bentuk fitnah. Tak terkecuali fitnah syahwat.


Mungkin sepasang kekasih yang sering mengamalkan shalat jamaah berdua dengan pacar untuk membangun kebiasaan shalat berjamaah dalam keluarga ketika mereka telah menjadi pasangan yang sah, namun apakah yakin pacar adalah pasangan hidup kelak?


Wallahualam